Wawancara Eksklusif Bersama Valentino Rossi Pasca RACE Hasil MotoGP Jepang 2016

valentino-rossi

Apa sebab Anda terjatuh waktu lomba baru diawali 6 putaran, walau sebenarnya Anda start dari pole position namun mesti merampungkannya dengan nilai 0. Adakah yang salah?
“Aku baru tahu itu saat terjatuh. Aku telah mengeluarkan seluruh kemampuan karena finish nomor dua tidak buat aku tertarik di Motegi. Akan tetapi aku begitu memaksa, karena aku tidak mau Marquez melarikan diri. Kecepatan YZR-M1 aku nyaris sama dengannya, akan tetapi balapan kesempatan ini nyata-nyata tidak mudah, aku mungkin tidak bisa bertarung dengan Marc sepanjang lomba. Di tikungan itu (10) aku tidak pernah menjumpai satu masalah juga. Kelihatannya tidak ada hal yang salah dan aku tak merasakan tanda-tanda apapun. Hal itu bisa dilihat dari datang yang menunjukkan tak ada yang aneh, akan tetapi sebenarnya aku menikung terlalu kuat, karena kalau tidak demikian, aku tidak akan jatuh. ”

Advertisements

Start Anda kurang bagus, serta Marquez menyebutkan pada beberapa putaran awal, saat di overtaking, Anda terlihat kuatir serta duel one on one kalian berdurasi singkat?
“Harus mempunyai kekuatan psikologi yang bagus buat dapat memandang kalau saya merasa khawatir, namun sebaliknya lawan sedikit susah saat melalui saya pada tikungan 3. Hari ini saya merasa betul-betul dalam keadaan bagus serta saya mencoba buat tak bikin sulit. ”

Marquez berhak atas titel gelar juara dunianya?
“Ya, lantaran Marquez tidak hanya jadi rider paling konsisten musim ini, namun juga melaju amat cepat serta sudah memenangkan banyak lomba. ”

Advertisements

Apakah Anda mempunyai penyesalan musim ini, bagaimana dengan motor Yamaha, apakah belum menunjukkan perubahan?
“Ya, lantaran saya melaju cepat nyaris di semua sirkuit, seperti yang pernah saya katakan, saya sudah bikin kekeliruan serta saya tiba lebih awal musim ini dimasa persiapan mengalami pemunduran jadwal. YZR-M1 motor yang sangatlah bagus, namun tahun ini Honda sudah meningkatkan diri lebih banyak sementara kami kurang lebih menghadirkan level yang sama. ”

Di sisa 3 race terakhir musim ini, apa tujuan Anda selanjutnya?
“Melakukan yang paling baik yang dapat saya lakukan. Masih ada peringkat ke-2 yang harus saya dan Jorge rebutkan. Memang tak sesignifikan berebut gelar juara dunia, namun itu memberi sejumlah motivasi. ”

Di Motegi, Michelin nampaknya masih bermasalah, apakah di Phillip Island juga bakal sama?
“Michelin harusnya dapat meningkatkan kapabilitas ban depannya seperti Bridgestone. Mungkin saja bukan kebetulan semata bila kami berdua (rider tim Movistar Yamaha), saya serta Lorenzo terjatuh (dikarenakan itu). Bisa saja dengan motor Yamaha, ban Michelin sudah pada batas maksimalnya. ”

Jorge menyebutkan kalau menggunakan ban depan soft (Michelin) tak bagus (di Motegi), bagaimana menurut anda?
” (Bila menggunakan itu) saya tidak akan bisa merampungkan balapan. ”

Bila di Australia suhunya juga dingin, apa yang Anda harapkan?
“Itu bisa beresiko, namun itu juga bagus (tetapi) dengan Bridgestone. Saya merasa hari ini suhunya 6 derajat celcius, dengan suhu itu bakal lebih baik bermain (MotoGP) di Playstation (sembari tertawa). ”

Advertisements