Biodata, Profil dan Foto Sylviana Murni

Sylviana Murni

Profil, Biodata dan FOTO Sylviana Murni

Belakangan ini nama Sylviana Murni jadi ramai dibicarakan oleh publik lantaran disebut-sebut menjadi kandidat terkuat yg bakal rekani Sandiaga Uno dalam Penentuan Gubernur DKI Jakarta tahun 2017 mendatang. Lalu, siapakah sesungguhnya sosok Sylviana Murni ini? Menengok profil serta biografinya, Sylviana Murni adalah putri dari Kol (Purn) Drs. HD Moerdjani dan Hj. Ni’mah. Sylviana lahir pada tanggal 11 Oktober 1958. Saat ini ia sudah memiliki dua orang anak dan suaminya sendiri bernama H. Gede Sardjana, Dipl. Ing, SE, MM. Lantaran gelar pendidikan yg sudah dirampungkan oleh Sylviana dari S1, S2 dan juga S3 sampai juga pernah ikuti pelatihan di Australia, namanya berbarengan dengan gelar juga adala Dr. Hj. Sylviana Murni, SH, MSi.

Advertisements

Dr. Hj. Sylviana Murni, SH, MSi yaitu sosok wanita Indonesia yang begitu inspiratif. Ia besar dari keluarga asli betawi dengan sikapnya yang selalu tegas, berwibawa serta menjunjung tinggi kedisiplinan. Ia pernah menjabat sebagai walikota Jakarta Pusat pada tahun 2008 sampai dengan 2013 dan begitu banyak gebrakan-gebrakan baru yang selagi apik dicetuskan olehnya. Wanita yang akrab di panggil Sylvi ini belajar jadi sosok yang tegas dan disiplin dari seorang papa yang berprofesi sebagai tentara. Sedangkan dari sang ibu, Sylvi belajar lebih jauh buat membekali dirinya dengan agama yang kuat, melaksanakan ibadah yang rajin dan punya sikap yang baik pada setiap orang.

Sejak kecil Sylvi telah dikenal sebagai sosok yang aktif bergaul dan aktif berorganisasi dengan jiwa kepemimpinannya yang juga sudah tertanam sejak kecil. Ia sudah berulang kali menduduki jabatan yang tinggi semasa sekolah dan ketika menimba pendidikan di perguruan tinggi. Ia sudah pernah menjadi sekretaris OSIS SMAN 12 Jakarta, kemudian pernah penduduki jabatan sebagai Sekretaris Senat Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jayabaya 1977-1979, lalu pernah juga Kabid Ekstern Kohati HMI Cabang Jakarta, Ketua Peranan Wanita Iwarda Jakarta 1990, Ketua Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia DKI Jakarta 2006, dan masih sangat banyak lagi.

Advertisements

Kariernya mengabdi dalam pemerintahan Indonesia dimulai dengan mendaftarkan diri sebagai staf penatar pada Badan Pembinaan Pendidikan dan pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengamatan Pancasila atau BP7. Selama menjabat, Sylvi tercatat menjadi pegawai yang teladan dengan berulang kali memberikan prestasi. Ia pernah cuti menjadi PNS lantaran ditetapkan sebagai salah satu anggota DPRD dari partai Golkar.

Namun ternyata kemudian balik jadi PNS. Sylvi juga sempat menjawat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Dasar DKI Jakarta pada tahun 2004-2008. Ia berhasil membuat gebrakan baru yang salah satunya adalah terdapatnya program BOS atau Bantuan Operasional Sekolah. Selain itu, masih banyak jabatan di pemerintahan yang pernah diduduki oleh Sylvi. Saat ini sendiri ia menjawat sebagai Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta.

Biodata Lengkap Sylviana Murni
Nama Lengkap : Dr. Hj. Sylviana Murni ,SH,M.Si
Nama Populer : Sylviana Murni
Kota dan tanggal lahir : Jakarta, 11 Oktober 1958
Bintang / zodiac : libra
Tinggi Badan :
AGama : Islam
Nama Orang tua : Ayah ; H. Dani Moerdjani & ibu : Hj. Ni’mah
Hoby / Kegemaran : berorganisasi
Account instagram : sylvianamurni
Account Twitter : sylvianamurni

PENDIDIKAN

  • SD Baluel Jakarta Timur
  • SMP 44 Jakarta Timur
  • SMA 12 Jakarta Timur
  • S1 Hukum Administrasi Negara Fakultas Hukum Universitas Jayabaya Jakarta
  • S2 Manajemen Kependudukan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Jakarta 1999
  • S3 Manajemen Pendidikan Fakultas Kependidikan Universitas Negeri Jakarta 2005
  • Kursus Singkat Demografi di Australian National University Australia 2003
KARIR
  • Staf Penatar BP-7 DKI 1985-1987
  • Staf Biro Pembinaan Mental (Bintal) DKI 1987-1989
  • Kepala Sub Bagian Pendidikan Luar Sekolah Biro Bintal DKI 1989-1991
  • Kepala Sub Bagian Seni Budaya Biro Bintal DKI 1991-1995
  • Kepala Bagian Kebudayaan Biro Bintal DKI 1995-1997
  • Anggota DPRD DKI 1997-1999
  • Kepala Biro Bina Sosial DKI 1999-2001
  • Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DKCS) DKI 2001-2004
  • Kepala Dinas Pendidikan Dasar DKI 2004-2008
  • Walikota Jakarta Pusat 2008-2013

Advertisements