Sidang ISBAT Penetapan AWAL Puasa Tahun Ini 1 Ramadhan 1439H

Bulan Puasa sebentar sekali lagi akan tiba. Sidang Isbat Penetapan Awal Puasa Ramadhan, 1 Syawal Hari Raya Idul Fitri dan juga Idul Adha benar-benar belum juga digelar sampai selanjutnya juga masih tetap dinanti oleh penduduk di Indonesia. Walau demikian, telah ada juga yang telah memberikan keyakinan awal puasa ramadhan, 1 syawal dan juga Idul Adha berdasar pada perhitungan dengan kata lain Hisab. Ketua Umum MUI, yakni KH Ma’ruf Amin sendiri mendambakan jika semua kaum muslim bisa membuat puasa, hari raya Idul Fitri dan Idul Adha dengan serentak.

“Saya menginginkan awal puasa Ramadhan (1439H) dapat serentak” papar KH Ma’ruf Amin kala didapati sehabis buka acara Seminar Nasional Pengaturan Petunjuk Ukhuwah Ismaliyah pada Selasa, 15 Mei 2018 di Jakarta, seperti yang diwartakan oleh Republika.

Kalaupun memang ternyata sehabis sidang isbat kelak di gelar serta ada perbedaan proses puasa, Idul Fitri ataupun Idul Adha, KH Ma’ruf Amin menginginkan mudah-mudahan perbedaan yang juga berulang kali berlangsung ini tidak memengaruhi pada persatuan umat Islam. Seluruh umat muslim dimohon agar dapat tetap melindungi persatuan bersama senantiasa memprioritaskan rasa saling hormat serta juga menghormati sesama. “Jikapun berlangsung perbedaan, tak perlu dibesar-besarkan” tuturnya.

KH Ma’ruf Amin mengemukakan bila perbedaan penetapan awal Ramadhan ini akan terjadi lagi apabila belum terdapat penyamaan persyaratan dalam menetapkan awal bulan. “Jadi, apabila masing-masing ormas (organisasi masyarakat) Islam mempunyai kriteria sendiri dalam menentukan awal bulan, maka perbedaan pun masih bisa terjadi” katanya.

Baca Juga: Jadwal PUASA 1437 H Kalender Puasa Tahun 2017

Seperti yang sudah diketahui bahwa Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadhan, 1 Syawal dan juga Idul Adha 1439 H, dimana awal Ramadhan jatuh pada tanggal 17 Mei 2018, kemudian 1 Syawal jatuh pada tanggal 16 Mei 2018.

Hasil yang diperoleh tersebut merupakan berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal. Sebagian masyarakat memang sudah akan menyelenggarakan puasa pada 6 Juni 2016 tersebut seperti yang dihimbau oleh PP Muhammadiyah. Namun, sebagian masyarakat juga masih ada yang menuggu hasil sidang isbat.