Permintaan Maaf Google Perihal Insiden Berubahnya Nama DPP FPI Jadi Fitsa Hats Dalam Maps

Sebuah hal yang membuat publik dunia maya menjadi heboh karena terdapatnya nama Fitsa Hats setelah di serching lewat Maps milik Google ini. Jika mengetikkan nama dari DPP FPI Jakarta Pusat maka yang tampil justru nama dari Fitsa Hats tersebut.

Advertisements

Nama ini sendri pertama kali ditemukan ketika ada pesan berantai yang disebarkan ke berbagai orang yang berisi perintah untuk melakukan pencarian nama DPP FPI tersebut ke Maps. Dan memang hasilnya saat dicari menunjukkan nama DPP Fitsa Hats Jakarta Pusat yang seharusnya tidak begitu. Kantor yang berada di kawasan Petamburan ini berubah dari nama aslinya dan membuat beberapa pihak geram akan hal ini.

Mengetahui hal ini, Google Indonesia pun langsung turun guna memberikan pernyataan untuk meluruskan kesalahan tersebut. Selain itu Google juga menyatakan permintaan maafnya kepada orang yang merasa dirugikan terhadap insiden yang memang seharusnya tidak terjadi ini. Setelah hal itu, nama dari fitsa hats ini hilang dari DPP FPI karena langsung kembali rubah oleh tim dari Google.

Advertisements

Terkait bisa berubahnya nama dari DPP FPI ini, Google menerangkan bahwa terdapat banyak data yang berasal dari beraneka sumber yang masuk dan digunakan dalam Maps. Hal ini memang secara tidak langsung dapat memudahkan dalam pendataan berbagai lokasi, namun dalam prakteknya masih banyak orang yang menyalahgunakan fitur ini untuk berbuat kenakalan.

Dengan bantuan dari masyarakat, Maps pun dapat tampil lebih lengkap walaupun pihak Google sendiri tidak secara langsung datang ke berbagai tempat. Namun memang data dari pihak ketiga tidak akurat dan tidak ada sumber pasti dari data itu. Karena jika Google turun langsung justru akan membuat pendataan semakin lama dan akhirnya fitur ini digunakan untuk membantu pihak Google.

Google menambahkan jika terdapat lokasi yang mungkin tidak benar dan memberikan data palsu maka untuk segera dilaporkan agar dapat dirubah. Caranya pun sederhana degan menggunakan fitur tool send feedback yang berguna untuk memberi tahu data yang tidak benar. Kemudian jika sudah memasuki langkah sebelumnya, baru mengeklik report a data problem yang akan langsung diketahui oleh pihak Google.

Advertisements