Niat Puasa Ramadhan: Bacaan DOA Sholat Tarawih Untuk Imam & Makmum

Advertisements

niat sholat tarawih

Saat masuk awal Ramadhan sebelum berpuasa dengan niat puasa ramadhan, umat Islam juga akan Shalat tarawih yang kesatu waktu masuk bulan itu. Yang mana praktik ibadah ini diadakan yakni selesai sholat Isya, sebelum subuh serta hukumnya Sunnah. Selanjutnya bisa dirampungkan dengan cara berjamaah maupun dengan cara sendiri sendiri serta biasanya juga akan diakhiri witir.

Advertisements

Di Zaman Rasulullah Saw, ketika itu praktik ibadah ini dilakukan cuma tiga sampai empat kali saja, yang mana sesudah itu berhenti ketika para jamaah yang hendak turut serta dengan Nabi untuk Shalat tersebut semakin bertambah banyak. Hal itu tiada lain disebabkan munculnya kekhawatiran dari Rasulullah kalau praktek ibadah ini bakal dianggap hukumnya wajib.

Hingga sampai saat ini tidaklah sedikit yang masih bertanya tanya berapasih jumlahnya yang tepat untuk shalat ini, sebab mendapati perbedaan dari jumlah dalam prakteknya di masjid masing masing. Dan lebih jauh karena perbedaan rakaat dalam sunnat ini terkadang melahirkan ketegangan di masyarakat muslim, sehingga masing masing mengemukakan dalil yang terkadang dipakai untuk menyerang muslim yang berbeda rakaat dengannya dalam sunnat ini. Sementara di zaman Khalifah Umar radhiyallahu ‘anhu Kaum muslimin merampungkannya dengan sebelas rakaat, tiga belas rakaat, 21 rakaat dan 23 rakaat.

Selanjutnya usai zamannya, seperti dikutip dari muslim.orid, ada yang lebih dari jumlah paling tinggi tersebut meski hal ini khusus di Madinah. Mengenai rakaat dalam praktek ibadah ini terdapat sebuah dalil hadis yang menerangkannya, yang artinya berbunyi: “Dua rakaat – dua rakaat. Apabila kalaulah khawatir menemukan subuh (akan memasuki waktu Subuh), maka lakukanlah untuk kamu shalat witir satu rakaat” (HR. Bukhari).


Praktek ibadah ini bakal berlangsung dari awal sampai akhir bulan ini, untuk itu siapkan diri untuk menghadapinya, meraih pahala yang sebanyak banyak di bulan yang mana pahalanya dilipatgandakan berkali kali sehingga akan sangat sayang untuk ditinggalkan, dan dengan mengerjakan praktek ibadah dan berbagai kepatuhan lainnya di bulan ini semoga kita semua mendapatkan ampunan dan malam yang lebih baik dari seribu bulan, Lailatul Qadar. Adapun untuk niat sholat ini, seperti di bawah ini.

Bacaan Niat Puasa Ramadhan Harian

نـَوَيْتُ صَوْمَ غـَدٍ عَـنْ ا َدَاءِ فـَرْضِ شـَهْرِ رَمـَضَانَ هـَذِهِ السَّـنـَةِ لِلـّهِ تـَعَالىَ
Nawaitu saumagadin an’adai fardi syahri ramadhana hadzihissanati lillahita’ala
Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban puasa pada bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Taala”.

Bacaan Niat Sholat Tarawih;

  • Imam: Ushalli sunnatat-tarawihi rak’ataini Mustakbilal kiblati Imaaman Lillaahi Ta’ala. Artinya : Aku berniat Shalat Tarawih dua rakaat menghadap kiblat menjadi imam karena Allah Ta’ala
  • Makmum: Ushalli sunnatat-tarawihi rak’ataini Mustakbilal kiblati Ma’mumman Lillaahi Ta’ala. Artinya: Aku berniat Shalat Tarawih dua rakaat menghadap kiblat menjadi makmum karena Allah Ta’ala