Bacaan Niat & Doa Puasa Asyura 10 Muharram 1440H / 2019

Bacaan niat puasa asyura, yang mana pada awal tahun baru Islam atau tahun baru Hijriyah 1440 H. Sekarang ini ini sendiri telah tiba pada tanggal 6 Muharram serta sebentar lagi tanggal 10 Muharram yang dimaksud salah satunya hari mulia. Jadi salah satunya hari yang mulia di Islam, tentu saja tanggal 10 Muharram akan di terima dengan suka cita oleh umat muslim buat berlomba-lomba menggunakannya jadi moment spesial melakukan beribadah harus lebih telaten kembali serta menjalankan beribadah sunnah.

Salah satunya ibadah sunnah yang bisa dikerjakan di tanggal 10 Muharram yang sebentar kembali akan datang yakni beribadah sunnah puasa Asyura. Puasa Asyura mempunyai banyak keutamaan, salah nya adalah dihapuskannya dosa setahun yang kemarin. Mengingat jika setiap hal tersebut perlu diniati dalam hati agar menjadi barokah. Jadi sudah sepantasnya ikut sebelum lakukan beribadah puasa sunnah Asyura nantinya diniatkan lebih dulu di dalam hati.

Selain meniatkan untuk berbibadah puasa sunnah Asyura di dalam hati, ada bacaan lisan untuk niat puasa Asyura yang bisa diucapkan sebelum melaksanakan puasa. Apabila ditulis secara latin, niat puasa Asyura adalah sebagai berikut ini : “Nawaitu sauma Asyura sunnatal lillahita’ala”. Yang artinya adalah “Saya niat puasa hari Asyura sunnah karena Allah Ta’ala”.

Asyura 10 Muharram

Selain puasa Asyura, ada juga ibadah puasa sunnah yang disarankan yakni puasa Tasu’a yang pelaksanaanya dilakukan sehari sebelum Puasa Asyura, yakni di tanggal 9 Muharram. Niat dari puasa Tasu’a adalah sebagai berikut “Nawaitu sauma tasu’a sunnatal lillahita’ala” yang artinya adalah “Saya niat puasa hari Tasu’a sunnah karena Allah Ta’ala.

Bacaan Doa & Niat Puasa Asyura 10 Muharram

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ ِعَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnatil âsyûrâ lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Asyura esok hari karena Allah SWT.”

Dengan ucapan niat tersebut pastinya harus dibarengi dengan niat tulus di dalam hati. Karena yang terpenting dalam niat tidaklah lain adalah dari keikhlasan hati. Bulan Muharram 1440 H dapat menjadi ladang untuk para umat muslim berlomba-lomba memperoleh pahala beribadah yang khuyu. Akan sangat disayangkan pastinya jika salah satu bulan yang dimuliakan dalam Islam tidak diisi dengan berbagai kegiatan positif.