Bacaan Doa dan Niat Makan Sahur Puasa Ramadhan

Bacaan Do’a Niat Makan Sahur Puasa Ramadhan yakni satu awal yang memberikan keyakinan apakah yang selanjutkan dapat digerakkan. Seperti sabda Rasulullah SAW yang bunyinya yaitu “Sesungguhnya semua amal itu (sah atau tidaknya) bergantung pada niat melaksanakannya dan setiap orang hanya memperoleh sesuai apa yang ia niatkan”.

Sebab niat yakni satu perihal yang begitu penting, oleh sebab itu ikut saat menunaikan ibadah puasa harus Ramadhan ikut begitu penting buat melantunkan niat lebih dulu. Makan Sahur sendiri dijalankan saat diawalnya terbitnya fajar dan didepannya adzan Subuh dikumandangkan. Niat berpuasa sendiri mampu dilantunkan waktu malam hari selesai Sholat Sunnah Tarawih dan sholat witir. Atau jika lupa bisa di sampaikan waktu melaksanakan santap sahur.

Umumnya aktivitas Makan Sahur di Bulan Ramadhan ini dilaksanakan oleh kaum muslim yang bakal menjalankan beribadah Puasa Ramadhan serta dilaksanakan biar mereka dapat lebih kuat dalam menjalankan Puasa Ramadhan diesok harinya, dan biar dapatkan Keberkahan Makan Sahur serta mendapat Pahala Sunnah sebab Aktivitas Makan Sahur adalah Sunnah Nabi Muhammad SAW disaat beliau masihlah hidup hingga sudah sangat baik sekali buat seseorang Muslim buat kerjakan Sunnah Sahur itu.

Niat Makan Sahur Puasa Ramadhan

Waktu yang pas buat membaca kemauan puasa ramadhan ialah sewaktu tuntas makan sahur. Tapi bila kuatir terlupa atau barangkali tak sudah sempat bangun buat makan sahur, karena itu niat puasa itu dapat dibaca pada malam hari awal kalinya. Bahkan juga rata-rata di masjid-masjid dapat membaca kemauan puasa ramadhan berbarengan selesai kerjakan beribadah sholat tarawih.

Niat Makan Sahur Puasa Ramadhan

“Nawaitu sauma ghadin an’adai fardhi syahri ramadhana hadzihisanati lillahita’ala”

Artinya : “Sengaja aku berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa pada bulan Ramadhan bagi tahun ini karena Allah Ta’ala”

Usai niat sahur untuk berpuasa sehari penuh sudah diucapkan, maka ibadah puasa wajib Ramadhan dapat dilakukan sampai dengan tiba waktunya berbuka, yakni terbenamnya matahari atau waktu adzan Magrib. Ketika adzan Maghrib sudah dikumandangkan, maka waktu berbuka pun sudah tiba. Ada perlunya juga untuk membaca do’a sebelum dan juga sesudah Buka Puasa Ramadhan.

Ketika adzan Maghrib sudah dikumandangkan, dan akan memulai untuk berbuka, awali burbuka dengan mengucapkan “Bismillahirahmanirrahim”. Rasulullah SAW bersabda “Apabila salah seorang diantara kalian makan, maka hendaknya ia menyebutkan nama Allah Ta’ala. Jika ia lupa menyebut nama Allah Ta’ala di muka, hendaklah ia mengucapkan ‘Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu’” (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya.