Marc Marquez: Bakal Banyak Kompetitor Baru di MotoGP 2017

Rider Repsol Honda, Marc Marquez, percaya dirinya akan mempunyai banyak kompetitor dalam perebutan title juara dunia MotoGP 2017. Menurut rider berjuluk The Baby Alien itu, balapan musim depan tidak bakal lagi didominasi oleh Yamaha serta Honda. ” Banyak pebalap yang akan mempunyai peluang buat jadi pemenang seri balapan musim depan. Akan tetapi, untuk saya yang terpenting adalah bertarung dengan keras sampai akhir untuk gelar juara dunia, ” tutur Marquez seperti dilansir dari Speedweek, Senin (13/2/2017).

Menurut Marc, kian ketatnya rivalitas antar pembalap pada MotoGP 2017 tercermin dari hasil verifikasi pramusim yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia, 30 Januari-1 Februari lalu. Rider yang mendominasi hari pertama, ke-2, serta ke-3 tes Sepang datang dari 3 pabrikan berbeda, yakni Casey Stoner (Ducati), Andrea Iannone (Suzuki), serta Maverick Vinales (Yamaha). ” Ke-4 tim pabrikan sangatlah kuat. Diluar itu, banyak rider yang sudah ada dalam level tertinggi, padahal masih terdapat dua uji coba lagi yang menunggu di depan, ” kata Marquez.

Advertisements

Pada MotoGP 2016 beberapa rider telah memperlihatkan diri mampu meruntuhkan dominasi Marquez, Valentino Rossi, serta Jorge Lorenzo. Total terdapat 9 rider berbeda yang memenangkan seri balapan musim lalu. Satu diantara hal yang dikira bakal membuat rivalitas MotoGP jadi makin rata yaitu penyeragaman piranti elektronik buat seluruh tim. Kesuksesan Cal Crutchlow (LCR Honda) serta Jack Miller (Marc VDS Honda) menjadi pemenang seri MotoGP jadi bukti jarak antara tim satelit dan pabrikan kian tipis.

Di awal MotoGP 2016 performa Honda kurang kompetitif. Akan tetapi, Marc Marquez tetap bisa keluar sebagai kampiun, berkat pengembangan performa tunggangannya, RC213V mulai sejak pertengahan musim. Pada MotoGP 2017 ini, Marc Marquez, menuturkan bahwa kondisi tunggangannya, Honda RC213V teranyar jauh lebih baik dari pada motor Honda musim lalu. Kendati belum mampu memperoleh hasil maksimal pada 3 hari tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia kemarin, The Baby Alien mengaku telah tahu bagian mana yang harus diperbaiki.

Advertisements

” Musim lantas kondisinya jauh lebih buruk dari pada tahun ini, semuanya jauh dari sempurna serta saya mengalami banyak kesulitan, ” tutur Marquez diambil dari Tuttomotoriweb. ” Saat ini kami telah tahu permasalahan apa yang perlu kami perbaiki, namun saya masih ingin melihat sirkuit selanjutnya. Bagi saya Malaysia tidak bisa dijadikan perbandingan lantaran Sepang adalah sirkuit spesial serta udara disana begitu panas, ” sambung dia.

Advertisements