Berita Terbaru: Kapan Jokowi Menjenguk AHOK? Ini Pernyataan Johan Budi

Berita Terkini Jokowi Ahok

Kapan Jokowi Menjenguk Ahok? Itulah pertanyaan yang muncul di masyarakat. Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama masih tetap mendekam di sel tahanan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok. Ahok ditahan sesudah memperoleh vonis hukuman penjara 2 tahun oleh Pengadilan Negeri Jakarta Utara atas masalah penodaan agama.

Advertisements

Sesaat setelah ditahan, berapakah kawan sejawat Basuki Tjahaja Purnama langsung menjenguk. Waktu itu, Ahok masih ada di Lapas Cipinang, Jakarta Timur. Beberapa rekanan yang menjenguk itu, yaitu Pelaksana pekerjaan Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat, Ketua Umum PPP Djan Faridz, dan Menteri Hukum dan HAM Yassona Laoly. Salah satu kawan yang mungkin saja paling dinantikan kemunculannya, tak lain yaitu Presiden Jokowi.

Kedekatan keduanya sebagai rekan serta mitra kerja telah sangat erat sejak mulai keduanya sama-sama memimpin ibu kota. Juru bicara Kepresidenan, Johan Budi mengatakan, hingga sekarang ini tak ada rencana Presiden Jokowi menjenguk Ahok di rutan. Hal itu lantaran sekarang ini agenda Presiden masih begitu padat. ” Sampai sekarang ini tak ada rencana atau agenda Presiden mengunjungi Pak Ahok di rutan, ” kata Johan Budi pada Liputan6com, Minggu (14/5/2017).

Advertisements

Johan mengimbuhkan bahwa dirinya belum tahu apakah telah ada interaksi antara Presiden dengan keluarga Basuki Tjahaja Purnama, seperti penyampaian rasa simpati sejak vonis hakim dijatuhkan pada Ahok, Selasa, 9 Mei 2017. Setelah hakim menjatuhkan vonis terhadap Ahok, Jokowi langsung mengemukakan imbauan kepada masyarakat. Imbauan itu di sampaikan disaat Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Papua.

Jokowi meminta masyarakat untuk mematuhi proses hukum serta putusan yang telah disampaikan majelis hakim, termasuk upaya banding yang dilakukan Ahok serta tim kuasa hukumnya. Jokowi mengatakan, proses hukum terhadap Basuki Tjahaja Purnama murni mekanisme hukum yang berjalan sesuai dengan peraturan hukum di Indonesia serta tak ada intervensi pemerintah. ” Dan sekali lagi pemerintah tak bisa mengintervensi proses-proses hukum yang ada, ” tegas Jokowi, Selasa, 9 Mei 2017.

Menjenguk seorang relasi yang tengah dipenjara memang suatu hal yang wajar. Wakil Presiden Jusuf Kalla bahkan tak canggung menjenguk rekannya yang mendekam di tahanan KPK. Terakhir, JK berkunjung ke mantan Ketua DPD Irman Gusman. Seperti di ketahui, Irman kala itu baru saja dijadikan tersangka serta ditahan KPK atas sangkaan kasus korupsi penentuan kuota impor gula.

Advertisements