Jadwal Puasa Ramadhan 1440 H & Kalender 2019

Jadwal Puasa Ramadhan tentu saja sudah banyak dinanti-nantikan oleh umat islam di seluruh dunia. Penentuan kapan jatuhnya 1 Ramadhan di mana semua umat muslim memulai buat kerjakan melaksanakan ibadah puasa ada dua langkah. Yakni Hisab atau perhitungan dan Ru’yatul Hilal. Di Indonesia sendiri dari hasil Rukyatul Hilal ingin diumumkan oleh pihak pemerintah Kementerian Agama di hari mendekati bulan Ramadhan.

Bulan yang sangat mulia, Ramadhan di tahun 1440 Hijriah. Atau tahun 2019 ini tidak kurang dari 2 bulan kembali ingin sesegera datang. Bulan di mana ada malam yang mulia lebih dari 1000 bulan ini tentu saja begitu dinantikan oleh semua umat muslim di dunia. Yang manakah benar-benar bulan Ramadhan jadi momen buat berlomba-lomba lakukan beragam amalan.

Untuk lebih rincinya seperti ini, langkah hisab yakni satu cara buat meyakinkan posisi bulan dengan menggunakan sistem perhitungan serta juga kalkulasi astronomis yang dilaksanakan secara matematis guna dapat mengetahui masuknya bulan baru di kalender Hijriah. Sementara buat metode rukyat yakni melaksanakan satu kesibukan mengamati hilal dengan cara langsung. Aktivitas ini pada yang lain yakni menyaksikan posisi bulan sabit muda yang bisa terlihat buat kali pertamanya selesai konjungsi.

puasa ramadhan terbaru 2019

Aktivitas mengamati hilal ini bisa diadakan dengan cara mengamati langsung ataupun juga dapat dengan menggunakan alat bantu seperti teleskop contohnya. Hilal sendiri yaitu penampakan bulan sabit muda yang terlihat saat pertama kalinya usai terjadinya ijtimak atau konjungsi, adalah di waktu setelah maghrib. Melihat hilal dilakukan dikala saat sudah mulai masuk petang dikarenakan bentuk dari bulan sabit muda sangat tipis dan cahayanya juga masih minim. Maka jika disaksikan pada petang, kehadirannya bisa lebih jelas.

Untuk penetapan awal Romadhon pemakaian hisab menjadi pilihan dari rukyat untuk memastikan masuknya bulan kamariah. Terutamanya bulan bulan beribadah, lebih gampang, murah biaya, bisa memprediksi tanggal jauh ke depan, lebih memberikan kepastian, bisa menyiapkan kalender yang tepat. Serta bisa menjadikan satu kalender bahkan juga untuk semua dunia. Dan hanya satu langkah untuk hindari terjadinya ketidaksamaan jatuhnya hari Arafah pada Mekah serta beberapa tempat lainnya yang jauh.

Hisab mempunyai landasan di al-Quran serta dalam Sunnah Nabi saw. Diantaranya Berarti: Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar serta bulan bercahaya serta ditetapkan-Nya buat Bulan itu manzilah-manzilah, supaya kamu mengetahui bilangan tahun serta perhitungan (waktu). Allah tidak membuat yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui [Q. 10: 5].

Dari berbagai sumber yang ada, hasil metode hisab untuk tanggal 1 Ramadhan 1440 H jatuh pada tanggal Minggu 5 Mei 2019. Umat islam di Indonesia bisa jadi tahun ini akan melaksanakan Puasa Ramadhan dan Idul Fitri secara serempak. Sebagaimana yang sudah pernah diprediksikan sebelumnya oleh Lapan bahwa jatuhnya awal Jadwal Puasa Ramadhan. Dan juga Idul Fitri mulai tahun 2015 sampai dengan 2022 di Indonesia bakal serempak.

Jadwal Puasa Ramadhan 1440 H / 2019