Jadwal Timnas Indonesia vs Vietnam: Semifinali Piala AFF Tanpa Dua Negara Langganan

piala-aff-2016

Jadwal Timnas Indonesia Semifinal Piala AFF 2016 membuat satu cerita baru yang tidak sama dari turnamen-turnamen sebelumnya, Malaysia dan juga Singapura yang senantiasa ada di babak semi final tak dapat lewat fase penyisihan untuk pertama kalinya. 2 Negara yang selamanya beradu ini jika diliat dalam turnamen ini senantiasa terlihat di babak semi final baik keduanya ada di semi final secara bersamaan atau pun cuma satu diantaranya yang terlihat.

Advertisements

Akan tetapi buat tahun ini, keduanya terlihat jelek sampai tidak bisa menunjukkan taringnya yang menyebabkan keduanya harus gagal terlihat sebagai semifinalis Piala AFF tahun ini. Dalam 11 kali pagelaran Piala AFF, Malaysia sudah 7 kali mencapai ticket ke 4 besar akan tetapi sekedar berhasil membawa pulang 1 trofi saja dari semua kesempatan yang didapat. Dipihak lain, Singapura telah memperoleh 5 kesempatan dan hebatnya 4 dari 5 kesempatan yang didapat ini, trofi yang diperebutkan berhasil mereka bawa pulang.

Jika dilihat dari turnamen pertama 1996 yang lalu, Malaysia sukses mencapai final walaupun saat itu berstatus selaku runner-up grup B. Namun Singapura yang menggelar turnamen ini untuk pertama kalinya tidak mampu meneruskan perjalanannya karena hanya ada di posisi 3. Pada turnamen selanjutnya, cerita berbalik Singapura mampu meraih trofi perdananya usai menumbangkan tuan rumah Vietnam di babak final. Malaysia pada kesempatannya kali ini harus pulang lebih awal karena hanya ada di posisi 3.

Advertisements

Setelah itu selama turnamen selanjutnya, tidak banyak yang berubah dan keduanya hampir selalu lolos secara bergantian dengan penampilan yang sangat baik, disisi lain salah satu Negara harus menerima kenyataan gagal lolos. Namun diantara itu juga terdapat waktu dimana keduanya berhasil lolos ke babak semifinal secara bersamaan.

Pada tahun 2004 serta 2007, baik Singapura dan juga Malaysia berhasil tampil dibabak semfiinal secara berbarengan. Pada 2004 Singapura sukses meraih gelar juara setelah mengandaskan Indonesia, Indonesia sendiri sebelum tampil di final mampu mengatarkan Malaysia pulang dengan tangan kosong.

Di 2007 cerita yang tak jauh berbeda terjadi dimana Singapura kembali mendapat gelar juara dan kembali membawa pulang trofi juara 2 kali secara beruntun. Malaysia juga lolos ke semifinal namun harus rela dikalahkan oleh Singapura walaupun sudah bermain apik.

Advertisements