Jadwal Imsakiyah 2018 Puasa Ramadhan Hari Ini Terbaru 1439 H

Advertisements

Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan bakal menghiasai dikehidupan kita sebentar sekali lagi yang tidak merasa kurang dari 2 minggu sekali lagi kaum muslim dapat selekasnya hadirnya bulan yang penuh keberkahan, yakni bulan Ramadhan. Umat Islam di semua dunia pastinya telah waktu menantikan hadirnya bulan Ramadhan yang suci serta mulia ini. Ramadhan yakni satu bulan yang istimewa dalam Islam. Di mana pada bln. Ramadhan dipenuhi dengan keberkahan, pahala melaksanakan ibadah yg dilipat gandakan, peristiwa di mana pintu pengampunan diawali serta bermacam kebaikan yang lain. Pada bulan Ramadhan, tiap-tiap kaum muslim direkomendasikan buat menunaikan melakukan beribadah puasa harus. Di luar itu, bulan Ramadhan juga jadi momen yang cocok buat tingkatkan amalan-amalan.

Advertisements

Tanggal 1 Ramadhan tahun 1439 H/2018 M sendiri berdasarkan lebih dari satu sumber dengan cara penentuan awal bulan hijriah menggunakan hisab atau perhitungan. Akan tetapi penentuan tanggal 1 Ramadhan juga dilalui dengan metode rukyatul hilal atau lihat bulan secara langsung yang bisa dilakukan mendekati awal Ramadhan nanti. Buat di Indonesia sendiri, setelah cara rukyatul hilal untuk memberikan keyakinan 1 Ramadhan sudah dijalankan, baru kelak diputuskan oleh pemerintah, dalam soal ini yaitu Kementerian Agama mengenai penetapan awal Ramadhan.

Ketika menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan, satu hal yang biasanya disiapkan yaitu jadwal imsakiyah, yang mana fungsinya untuk tahu saat imsya’ supaya dikala mengakhiri saat sahur dapat diperhitungkan, tidak terlambat. Kemudian juga mengetahui waktu sholat 5 wajib, Shubuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib serta juga Isya’. Jadwal Imsyakiyah setiap daerah pastinya berlainan, begitu juga dengan di Indonesia.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Puasa Ramadhan dan Kalender Puasa 2018


Wilayah Indonesia yang sangat luas, jadwal Imsakiyah-nya pun tentu berbeda. Meskipun sama-sama pada satu bagian wilayah Indonesia. Misalkan, Jakarta dengan Surabaya sama-sama berada di wilayah Indonesia bagian Barat. Akan tetapi, jadwal Imsakiyahnya pun berbeda. Jadwal di Jakarta lebih lambat jika dibandingkan dengan jadwal di Surabaya. Ketika puasa, Surabaya akan terlebih dahulu menunaikan lebih pagi, kemudian beberapa menit berselang barulah adzan shubuh dikumandangkan di daerah Jakarta. Berbeda juga pada wilayah Indonesia bagian timur, yang mana waktu Imsya’ akan tiba terlebih dahulu. Semakin ke arah Indonesia bagian barat, waktu Imsya’ akan lebih mundur. Dibawah ini adalah Jadwal Imsakiyah di daerah Jakarta dan Sekitarnya, untuk daerah lainnya akan menyusul nanti.

Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018

Jadwal-Imsak-Kota-Kendari-2018