Inilah JADWAL Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H / 2018 M

Advertisements

Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2016

Marhaban Yaa Ramadhan, Jadwal Imsakiyah telah jadi hal yang mutlak buat mereka-mereka yang tengah menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Tidak terasa saja bulan suci penuh barokah buat umat Islam, Ramadhan yang sudah tiba serta juga akan keduanya sama diterima dengan ketertarikan oleh semua kaum muslim yg ada di dunia. Bulan Ramadhan memanglah menjadi satu diantara bulan yang begitu dinantikan kehadirannya oleh kaum muslim. Karena bln. Ramadhan yakni bulan yang penuh barokah, rahmat serta pengampunanNya. Jadi tidaklah heran seandainya memang tiap-tiap kaum muslim tetap berlomba perbanyak pahala pas bulan Ramadhan tiba.

Advertisements

Saat bulan Ramadhan, satu di antara kewajiban yang butuh dijalankan oleh umat muslim adalah berpuasa. Puasa yaitu satu prinsip buat tiap-tiap umat muslim. Hukum bepuasa di bulan Ramadhan adalah wajib. Pada tahun 1439 H ini atau tahun 2018, tanggal 1 Ramadhan yang berarti awal puasa bakal jatuh pada tanggal 17 Mei 2018. Di Indonesia sendiri sudah ada yang beberapa sudah meyakinkan akan berpuasa di tanggal 17 Mei 2018.

Beberapa waktu sebelumnya Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN memperkirakan bahwa awal bulan puasa Ramadhan dan awal bulan Syawal mulai dari tahun 2018 sampai dengan 2022 akan diselenggarakan bersama-sama alias tidak ada perbedaan seperti yang juga pernah beberapa kali dialami oleh umat muslim di Indonesia. Penentuan tanggal 17 Mei 2018 sendiri sebagai awal 1 Ramadhan adalah melalui metode hisab.


Jadi sekarang pun untuk jadwal imsakiyah sendiri sudah ada. Dalam menentukan awal Ramadhan terdapat metode lainnya yang dipakai, yaitu rukyatul hilal alias melihat hilal secara langsung. Hasil dari rukyatul hilal nanti itulah akan disampaikan oleh Kemernterian Agama dalam sidang isbat tanggal 15 Mei 2018 mendatang. Berbicara soal puasa sendiri, mengetahui jadwal imsakiyah adalah salah satu hal yang cukup diperlukan. Pasalnya, dengan mengetahui jadwal imsakiyah maka akan tahu juga jam berapa imsyak akan tiba supaya bisa menyelesaikan makan sahur sebelum itu.

Lalu juga mengetahui jam berapa saja waktu sholat 5 waktu akan tiba. Selain itu tentunya juga mengetahui jam berapa waktu untuk berbuka. Jadwal imsakiyah di Indonesia tentunya berbeda untuk setiap daerah. Daerah pada Indonesia bagian Timur tentu punya jadwal imsakiyah yang berbeda dengan Indonesia bagian Barat.

Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 1439 H / 2018 M