Inilah Dibalik Misteri Pewaris Kim Jong-Un, Siapakah Pemegang Takhta Korea Utara Selanjutnya?

Advertisements

Kim Jong-un

Kehidupan pribadi pemimpin teratas Korea Utara, Kim Jong-un yaitu salah satunya misteri dunia yang sampai selagi saat ini belum juga terkuak. Rahasianya tertutup rapat-rapat. Hingga detik ini, negara yang tutup diri termasuk juga mengontrol medianya itu, tidak sempat memanggil tentang darah daging Kim Jong-un. Walau demikian, narasi yang berlainan didapat dari laporan intelijen musuh bebuyutannya, Korea Selatan. Diluar itu, bekas pemain NBA, Dennis Rodman yang mengklaim dekat dengan Kim Jong-un.

Dikutip dari Newsweek pada Senin (1/1/2018), Kim Jong-un yaitu angkatan ke tiga yang memimpin Korea Utara. Dia juga pemimpin negara termuda, selagi sang bapak mangkat pada 2011. Berlainan dengan ayahnya, Kim Jong-il, yang dipupuk buat jadi pemimpin oleh kakeknya, Kim Il-sung, sebelum saat duduk di puncak kekuasaan th. 1994, Kim Jong-un tidak cukup saat buat disiapkan terima mahkota kepemimpinan Korea utara.

Advertisements

Saat ia duduk di kursi kekuasaan — dengan melangkahi sang kakak tiri yang terakhir dikira dibunuh olehnya– Kim dilaporkan berupaya keras buat memperoleh rasa hormat dari kelompok beberapa orang dekat ayahnya. Berdasarkan intelijen Korsel, Kim jalankan reformasi bahkan juga kekerasan buat mengusir loyalis Kim Jong-Il. Nyaris tujuh th. memimpin Korea Utara, Kim berhasil mempertajam taringnya serta di dukung kuat oleh militer.

Walau demikian, pertanyaannya, apakah Kim Jong-un mempunyai anak lelaki buat melanjutkan pucuk kepemimpinan Korea Utara? “Sudah pasti dia punyai, ” kata Cheong Seong-chang, seseorang analis senior di Sejong Institute, Seoul. Tidak lama sesudah Korea Utara mengonfirmasi kalau Ri Sol-ju yaitu istri Kim serta First Lady pada th. 2012, Cheong menyebutkan, keduanya sudah menikah pada 2009.

” Serta Ri Sol-ju sudah melahirkan anak lelaki pada 2010, ” kata Cheong. Ketidakhadiran Sol-ju dalam beragam peluang buat isu dia sudah hamil sekali lagi serta melahirkan. Akan tetapi, tidak ada konfirmasi resmi dari Korut. Meski sekian, pendiri North Korea Leadership Watch, Michael Madden, berseberangan dengan Cheong.

” Aku skeptis dengan temuan Cheong serta klaim beda yang menyebutkan Kim mempunyai anak-anak, terlebih anak lelaki, ” ucap Madden. ” Bila Kim hingga punyai anak lelaki, dia tentunya telah mengumumkannya pada dunia, ” ucap Madden. Klaim Madden bukanlah tanpa ada argumen. Sesuai budaya patrilineal yang berlaku di Asia Timur, terutama Korut, Kim Jong-un ” mesti ” hasilkan keturunan lelaki yang nantinya menukar tempatnya.

“Budaya itu buat seseorang pria dari Asia Timur bangga sudah mempunyai anak lelaki. Tapi, mengapa Kim tidak? ” Berita beda mengenai anak Kim Jong-un datang dari sumber yang begitu tidak terduga. Pensiunan bintang NBA Dennis Rodman yang mengakui merajut persahabatan dengan pemimpin Korea Utara selesai kompetisi persahabatan bola basket pada bln. Februari 2013.

Saat Rodman kembali dari perjalanan ke-2 Korea Utara pada September 2013, diakuinya bukan hanya berjumpa dengan Kim serta Ri, tapi juga bayi wanita mereka, yang terlebih dulu tidak di kenal umum. ” Aku menggendong bayi mereka Ju Ae serta bicara dengan Ri, ” kata Rodman pada The Guardian, seraya memberikan pujian pada ketrampilan pemimpin Korea Utara menjaga anaknya.

” Dia bapak yang baik serta mempunyai keluarga yang cantik. ” Pada Agustus 2017, berita mengenai anak ke tiga Kim Jong-un berembus. Hal itu menurut laporan intelijen Korea Selatan. Walau demikian, mata-mata Korsel tidak dapat temukan info nama, kapan lahirnya, atau tipe kelamin si bayi. Selama ini keturunan darah daging Kim Jong-un masih tetap dipertanyakan.

Kim diakui juga akan berumur 34 th. pada 8 Januari 2018 yang akan datang. Dengan sekian, usianya nyaris 2 x lebih muda dari Presiden AS, Donald Trump, musuh bebuyutannya. Presiden Trump bersumpah juga akan hentikan program nuklir Kim, tapi sampai setahun duduk di Gedung Putih, Kim Jong-un masih tetap jalankan beberapa eksperimen misil.

Permusuhan pada dua pemimpin itu belumlah ada sinyal tanda mereda. Trump selama ini menyebutkan pilihan militer masih tetap terbuka buat hentikan program senjata nuklir Korut. Walau demikian, Kim Jong-un telah bersumpah, tidak menyerah hentikan program nuklir sepanjang ada ancaman dari AS. ” Tombol nuklir berada di meja aku sewaktu waktu, ” kata Kim dalam pidato th. baru 2018.

Advertisements