Ini Agenda Presiden Jokowi Saat Aksi Damai dan Doa Bersama 212

agenda-presiden-jokowi

Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi selaku Presiden Republik Indonesia yakin sekali bahwa demo 2 Desember (212) ini akan berlangsung secara damai, sejuk dan tidak akan menimbulkan tindakan kasar. Jokowi juga menambahkan apabila demo 2 Desember itu adalah doa bersama mengharapkan untuk kedamaianm, kesejahteraan, kemakmuran dan persatuan bangsa Indonesia.

Advertisements

Perbincangan itu ia lakukan dengan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan ketika di Istana Merdeka pada tanggal 30 November 2016 kemarin. Jokowi menuturkan bahwa ia percaya tentang komitmen yang telah dibuat. Jokowi juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak perlu khawatir apalagi menanggapi isu-isu negatif terkait demo 212 itu, semisal isu yang menimbulkan perpecahan sampai dengan adanya isu makar. Jokowi juga meminta supaya masyarakat tidak melakukan tindakan berlebihan pada saat kata-kata seperti NKRI dan persatuan terus digaungkan.

Menurut Jokowi hal tersebut sebagai pengingat bagi seluruh masyarakat termasuk dirinya, bahwa bangsa Indonesia itu terdiri dari beragam dan merupakan negara yang majemuk. Dengan beredarnya isu makar pada beberapa waktu lalu menjelang adanya demo 2 Desember 212 itu rupanya ada hikmah yang dapat dipetik dari kejadian itu. Hikmahnya adalah konstitusi Indonesia sudah dengan tegas memberikan aturan tentang pemerintahan. Dimulai dari bagaimana ketentuan pilkada hingga pada pemilihan presiden serta wakil presiden. Tak luput pula mengenai pemilihan anggota legislatif dan Dewan Perwakilan Daerah, seluruh pilkada dan pemilu tersebut sudah melewati proses yang cukup panjang.

Advertisements

Jokowi juga meyakini apabila tidak akan ada arah pikiran ke perpecahan bangsa terlebih lagi sampai malakukan adanya makar sebagaimana yang ramai diisukan belakangan ini. Oleh karena itulah, selaku Presiden Jokowi kembali memberi titik terang yang jelas bahwa masyarakat tidak perlu khawatir dan menimbilkan fikiran-fikiran buruk terkait isu tersebut. Jokowi juga menghimbau kepada seluruh masyarakat supaya tetap bekerja dan melakukan aktivitas seperti biasanya.

Kemudian, bagaimana dengan agenda yang dilakukan oleh Jokowi pada demo 212 ini? Diagendakan bahwa pada hari Jumat, 2 Desember 2016 yang bertepatan dengan demo 212 dilaksanakan di Wilayah Monumen Nasional Jakarta ini Jokowi meninjau lokasi proyek Stadion Gelora Bung Karno (GBK), agenda Presiden tersebut dirilis oleh Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin di Jakarta.

Peninjauan yang dilakukan Presiden RI ini berkaitan dengan Asian Games 2018, dimana GBK adalah salah satu tempat yang terpilih untuk dilakukan renovasi lewat anggaran proyek Asian Games. Sedangkan diluar Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat pagi ini telah penuh dengan para peserta aksi doa bersama. Namun, untuk agenda Jokowi selanjutnya masih belum diketahui. Aksi doa bersama yang masih ada kitannya dengan proses hukum terhdap petahana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang menjadi tersangka kasus penistaan agama. Doa bersama digelar mulai pada pukul 08.00 WIB dan diakhiri pada shalat jumat berjamaah nanti.

Advertisements