Berita Terbaru: Survei Terkini Menuju DKI 1, Ahok-Djarot Kembali Alami Penurunan

ahok-djarot-menuju-dki-1

Ahok – Djarot yang menjadi Cagub serta juga Cawagub Petahana kembali mencapai perolehan yang tidak menggembirakan dalam survey berkaitan Pilgub DKI Jakarta. Survey ini sendiri dilaksanakan oleh Indikator Politik Indonesia (IPI) dengan banyak kalangan dari masyarakat Jakarta yang menjadi narasumber buat menyadari seberapa besar penduduk akan menentukan salah satu calon.

Advertisements

Pada hasil yang sudah di sampaikan oleh IPI ini, pasangan nomer urut 2 yakni Ahok serta juga wakilnya Djarot nyata-nyatanya cuma ada di peringkat dua serta dapat dikalahkan oleh pasangan nomer urut 1 Agus Yudhoyono serta juga wakilnya Sylviana Murni. Berdasarkan apa yang di sampaikan oleh Direktur Eksekutif IPI yang sekarang ini dijabat oleh Burhanuddin Muhtadi mengutarakan bahwa pada tingkah laku dari para pemilih ini, kemampuan dari petahana sepanjang menjabat nyata-nyatanya memiliki efek dari segi electoral. Isu dari sisi agama serta juga etnis yang akhir-akhir ini marak dikabarkan, nyata-nyatanya miliki dampak yang cukup berpengaruh.

Survei ini telah dilangsungkan pada 15 sampai 22 November lalu dengan pemilihan Multistage Random Sampling sebagai metode dalam survei kali ini. Terdapat 798 narasumber dalam survei yang dilakukan IPI kali ini, berdasarkan data tingkat kesalahannya adalah 3,6 persen dan kepercayaan dari survei ini adalah 95 persen. Narasumber sendiri berasalah dari berbagai lokasi di Jakarta.

Advertisements

Dari keterangan yang disampaikan Burhanuddin ini, pasangan nomor urut satu berada di posisi paling atas dengan dukungan mencapai 30,4 persen, diikuti oleh pasangan nomor urut 2 yang hanya memperoleh dukungan sebesar 26,2 persen sejauh ini. Di posisi terakhir diisi oleh pasangan nomor urut 3 dengan perolehan 24,5 persen saja. Untuk yang belum dapat memastikan suaranya akan diberikan kepada siapa mencapai 18,9 persen, jadi jika pemilihan dilangsungkan saat ini maka harus memasuki putaran kedua karena memang tidak satu pun yang  mendapat 50 persen suara.

Salah satu titik permasalahan yang sangat disorot oleh masyarakat Jakarta saat ini adalah banjir yang memang merupakan masalah terbesar dari setiap Gubernur DKI yang menajabt setiap periode. Selain itu melihat hasil survei, suara yang sebelum diberikan kepada Ahok dan juga Djarot ini terdapat penurunan dalam beberapa bulan terakhir, penurunan ini mencapai 18,6 persen.

Terakhir yang disampaikan Burhanuddin adalah pada kinerja yang ternyata menurunnya dukungan bagi Ahok, tapi saat mendapat pertanyaan apakah puas ataupun tidaknya, narasumber ternyata mengatakan kepuasanya pada Ahok. Hal ini menjadi sedikit aneh karena dengan kepuasan terhadap kinerja petahana ternyata tidak menaikkan elektabitasnya walaupun seharusnya tetap tinggi karena kinerjanya yang dianggap baik.

Advertisements