Berita Terkini: Hasil Gelar Perkara, Ahok Resmi Dijadikan Tersangka

gelar-perkara-ahok-1

Hasil Gelar Perkara Ahok akhirnya resmi diumumkan oleh Kabareskrim Komjen Pol Ari Dono Sukamto pada Rabu (16/11) pagi tadi, sekitar pukul 10:00 wib. Dimana, setelah melalui tahap pemeriksaan terhadap saksi ahli pada gelar perkara kemarin, akhirnya pihak Kepolisian resmi menetapkan Ahok sebagai tersangka. Sekaligus, menaikan proses penyelidikan ketahap penyidikan. Sehingga, dengan status tersangkanya tersebut, membuat Ahok dicekal untuk meninggalkan wilayah NKRI.

Advertisements

Lewat gelar perkara ini, penyidik akan mengambil keputusan terkait peluang terdapatnya unsur pidana dalam masalah itu jikalau ada maka masalah ini bakal dilanjutkan ke sistem penyidikan. Ahli dari ke-2 pihak serta Polri sama-sama mengungkap gagasannya masing-masing masalah celotehan Ahok sebagai cikal akan masalah ini. Polri juga memutar video sambutan Ahok waktu berkunjung ke Kepulauan Seribu, Jakarta Utara.

Kemudian, penyelidik tidak bisa langsung menyimpulkan laporan pimpinan FPI Rizieq Shihab serta teman-teman itu layak dilanjutkan ke step penyidikan atau tidak. Gelar perkara berlokasi di Rupatama Mabes Polri serta berjalan lebih dari 10 jam. Diawali sekitaran jam 09. 30 WIB serta selesai jam 20.00 WIB.

Advertisements

Saksi pakar yang sejumlah 18 orang sudah didengarkan keterangannya dalam gelar perkara itu. Tujuh saksi pakar didatangkan oleh pihak kepolisian, 6 saksi pakar dari pelapor serta lima pakar dari pihak terlapor. Semua gelaran perkara hari Selasa kemarin berjalan dengan lancar dan aman. Gubernur non aktif, BTP, disinyalir telah terbukti melakukan penistaan agama dengan melanggar Pasal 156a KUHP dan Pasal 28 Ayat (1) UU 11/2008 mengenai Informasi dan Transaksi Elektronik.

Keputusan tersebut diambil setelah melakukan tahap pengkajian yang cukup alot diantara 27 anggota penyelidik, lantaran menurut masing-masing saksi ahli memiliki pendapat serta pandangan masing-masing mengenai unsur niat dari pidato Ahok tersebut. Yang mana, kesulitannya terdapat pada ada tidaknya niatan dari Ahok untuk dengan senghaja menistakan agama.

Hingga akhirnya, keputusanpun dapat diperoleh setelah melalui tahap pembahasan yang cukup alot. Walaupun tak bulat namun pendapat kalau perkara ini mesti dibereskan lewat peradilan terbuka jauh lebih mendominasi ketimbang yang ingin menghentikan kasus ini. Sehingga, keputusan penetapan Ahok menjadi tersangka ini dapat diambil dengan tanpa adanya tekanan dari pihak manapun.

Pihak kepolisian sendiri, bakal sesegera mungkin untuk dapat mengeluarkan surat perintah dimulainya penyelidikan (SPDP) dengan menyertakan hasil dari proses penyidikan guna langsung diserahkan kepihak jaksa penuntut umum. Dimana, pihak Ahok sendiri dapat mengpraperadilankan pihak kepolisian jika merasa tidak puas dengan hasil keputusan gelar perkara ini. Dan pihak Polri telah siap menghadapinya.

Advertisements