Berita Terkini: Inilah Kenaikan Harga BBM Varian Umum

Saat ini kabar mengenai Kenaikan Harga BBM Varian Umum tengah ramai diperbincangkan. PT. Pertamina (Persero) tengah mengaklimatisasi harga Bahan Bakar Minyak (BBM) umum untuk ragam Pertamax, Series, Pertalite, dan Dexlite dengan kisaran harga Rp 300 per liter. Dengan mengaklimatisasi harga, PT. PLN berharap, dapat menyesuaikan harga BBM yang merujuk pada kondisi minyak mentah dunia yang sekarang ini harganya melonjak.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengentarakan, penentuan harga bahan bakar minyak (BBM) umum jenis Pertamax, Pertamax Plus, Pertamax Turbo, Pertamina Dex, Dexlite, dan Pertalite adalah platform/kebijakan korporasi Pertamina. Melalui kebijakan ini, adalah hasil peninjauan yang dilakukan secara berjenjang, perubahan harga baru Bahan Bakar Minyak (BBM) tercatat naik sejak hari ini 5 Januari 2017 tepat pukul 00.00 WIB. “Pengaklimitisasian ini dikisarkan sebesar Rp 300 per liter untuk seluruh jenis BBM umum di seluruh nusantara,”  tandas Wianda melalui penjelasan formalnya pada hari Kamis (5/1/2017).

Advertisements

Wianda menggambarkan kenaikan harga di kota Jakarta dan sekuruh propinsi di Jawa serta Bali untuk harga Pertamax di ditentukan harganya sebesar Rp. 8.050 per/liter-nya yang asalnya Rp. 7.750 per/liter. Begitupun di lokasi yang sama pertalite menjadi Rp 7.350 / liter dari semula Rp 7.050 per liter. Berbeda dengan, Pertamina Dex yang mmemasang harga sekitar Rp. 8.400 per/liter untuk wilayah DKI Jakarta, Banten, serta Jawa Barat, kemudian yang berdomisili di seputaran DI Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur dipatok Rp. 8.500 per/liternya.

Sementara itu Dexlite sebagai pilihan pengganti yang baru, untuk ragam  diesel ditentukan dengan harga Rp. 7.200/Liter utnuk didaerah Jawa-Bali-Nusa Tenggara. Sebagi informasi dan aduan pelanggan, menurut Wianda bias menghubungi Line Pertamina di 1 500 000 atau ppc@pertamina.com.Kemudian Wianda  mengungkapkan, untuk pemakai setia terhadap karya-karya yang disuguhkan Pertamina,maka pihaknya berjanji akan senantiasa berusaha menyuguhkan servise terbaik.

Advertisements

Diakhir tahun 2016 yang baru saja dilewati, Direktur Umum Pertamina yaitu Dwi Soetjipto memastikan, pada tahun 2017 sekitar tiga bulan  berselang, harga Bahan Bakar Minyak (BBM) diharapkan stabil, dengan anggapan bahwa kemampuan konsumsi masyarakat masih minim. Situasi demikian dijalankan oleh Pertamina meskipun kala itu harga mentah minyak dunia melonjak di sekitar 50 Dollar AS/Barel.

Dwi mengungkapkan, situasi masyarakat saat ini amat dipahami,sehingga berdampak pada daya belinya yang minim, makanya dalam hal ini pemerintah memberikan jarak waktu kenaikan harga sekitar3 bulan lalu. Kata Beliau “Kemungkinan 3bulan pertama (BBM) akan seimbang sampai bulan April, pemerintah akan meninjau setiap tiga bulan, sehingga Pertamina berbanah sekitar tiga bulan lamanya,”

Advertisements