Berita Terbaru: Ini Alasan Pemerintah Melakukan Revisi UU ITE Terbaru

uu-ite

Mulai 28 November 2016 kemarin pemerintah telah mulai memberlakukan Revisi Undang Undang Informasi dan Transaski Elektronika (ITE). Berlakunya Undang Undang tersebut sontak mencuri banyak perhatian dari pengguna Internet yang ada di Indonesia. Alasan utama diberlakukan Revisi UU ITE ini yakni karena Indonesia sekarang ini tengah ada di dalam misi buat memperbaikai dan mengelola internet yang ada di Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Semual Abrijani Pangerapan yang merupakan Direktur Jendral Aplikasi Informatika Indonesia.

Advertisements

Beliau juga membuka bila pada masa ini sudah mulai berlangsung trasformasi digital di mana hal itu mengakibatkan pergerakan internet di Indonesia semakin cepat. Hal itu bisa dibuktikan dengan adanya satu survey yang menyebutkan bila pengguna internet pada tahun 2010 hanya mencapai angka 42 juta orang. Pada tahun ini peningkatan berlangsung begitu tajam, hingga capai 132 juta orang pengguna internet.

Dengan adanya pengguna internet yang mencapai 132 juta orang tersebut maka bakal muncul keragaman yang sangat banyak. Tak dapat dipungkiri akan ada permasalahan kompleks yang muncul seperti contohnya masalah sosial budaya terkait sikap yang disalurkan di media sosial, kemudian masalah teknis, serta masalah legalitas terkait transaksi online yang sah menurut hukum ataukan tidak. Oleh karena itu hal ini telah menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah Indnesia untuk mengelola internet dengan baik hingga tak menimbulkan permasalahan yang berujung fatal.

Advertisements

Sebenarnya Revisi UU ITE sudah dilakukan sejak tahun 2012 lalu, akan tetapi baru terimplementasikan pada tahun 2016. Samuel menekankan bahwa revisi UU ITE ini sangat diharapkan daoat memberikan perubahan ke arah pemabngunan Internet di Indonesia menjadi lebih baik lagi. Agar sesuai dengan masyarakat, dalam proses pembentukannya revisi UU ITE pihak pemerintah telah melakukan diskusi dan mendengarkan masukan yang adar dari pemangku kepentingan dan masyarakat.

Dengan adanya Revisi UU ITE ini sebenarnya akan membuat internet memberikan utilitas yang sangat besar bagi masyarakat dan para penggunanya. Pasalnya tujuan pemerintah dari revisi UU ITE ini adalah menjamin kehadiran Teknologi informasi dan komunikasi dapat mencerdaskan masyaraat, memperkuat integritas serta membuat masyarakatsemakin maju dalam ekonomi digital berbasis kreativitas.

Hal ini tentu saja menjadi hal yang sangat positif jika benar benar dapat terlaksana dengan baik. Oleh karena itu untuk memastika tujuan tersebut dapat terwujud pemerintah memberikan payung hukum untuk menjamin keamanan dalam melakukan aktivitas di internet dengan mulai memberlakukan Revisi UU ITE.

Advertisements