Berita MotoGP Terkini: Pencapaian Marc Marquez Usai Menjuarai GP 2016

marc-marquez

Marc Marquez sudah diputuskan sebagai kampiun MotoGP 2016 atas kemenangannya di Motegi. Marc sekalian menorehkan sebagian rekor dan pencapaian yang begitu ekslusif. Poin Rider berjuluk The Baby Alien itu di pastikan tidak lagi dapat terkejar oleh beberapa pesaingnya lantaran kemenangannya di MotoGP Jepang, Minggu (16/10/2016), walau balapan di musim ini masih tersisa 3 seri lagi.

Advertisements

Ini yaitu gelar ke-5 Marc Marquez di seluruh kelas, dengan 3 gelardi antaranya yaitu di kelas primer. Mengingat Marc baru tampil di kelas MotoGP pada musim 2013, jadi Marc sudah berhasil mendapatkan 3 gelar dari 4 musim yang sudah dijalaninya di kelas primer. Keberhasilan rider berpasport Spanyol berusia 23 tahun itu di MotoGP musim ini, tidak terlepas dari kesuksesannya menjangkau angka di seluruh seri balapan sampai kini (15 dari 18 seri balapan). Tersebut rekor dan pencapaian Marc Marquez seperti yang terangkum dari laman website HondaRacingCorporation.

– Marquez yaitu rider termuda yang mencapai 3 gelar di kelas primer, di usia 23 tahun 242 hari, memecahkan pencapaian Mike Hailwood yang berusia 24 tahun 108 hari ketika memperoleh gelar di kelas 500cc ke-3nya pada musim 1964.

Advertisements

– Marquez pun sebagai rider paling muda sepanjang masa yang mencapai 5 gelar grand prix (semua kelas), memecahkan pencapaian Valentino Rossi yang berusia 24 tahun 238 hari saat mencapai gelar ke-5nya pada MotoGP 2003.

– Marquez memenangkan 3 gelar MotoGP-nya bersama Honda, menyamai jumlah gelar Valentino Rossi di kelas primer saat menunggangi motor Honda (satu gelar di kelas 500cc serta 2 gelar di kelas MotoGP). Satu-satunya rider yang pernah mencapai gelar terbanyak bersama Honda yaitu Mick Doohan, dengan 5 gelar di kelas 500cc.

– 5 gelar yang diperoleh Marquez tersebut menyamai jumlah gelar Jorge Lorenzo. Hanya ada satu rider Spanyol yang memiliki lebih banyak gelar, dan ia adalah Angel Nieto dengan 13 gelar (tujuh di 125cc, enam di 500cc).

– Berkat kemenangannya di Jepang, Marquez telah mencapai sedikitnya 5 seri race di setiap musimnya buat 7 musim terakhir (di semua kelas). Dalam histori balapan grand prix, hal tersebut hanya pernah dijalani oleh 2 rider lain : Giacomo Agostini serta Mike Hailwood.

– Pada musim 2016 Marquez telah mencapai 5 kemenangan, 11 podium, serta 6 pole, yang seluruhnya makin banyak dari rider MotoGP lain selama ini.

Advertisements