Berita MotoGP Terbaru 2017: Kesepatan Untuk Modifikasi Sirkuit Catalunya

Berita MotoGP Terbaru 2017 Keputusan untuk melakukan modifikasi pada Sirkuit Catalunya telah disepakati oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA) dan Federasi Balap Motor Internasional (FIM). Perubahan dan modifikasi tersebut rencananya akan dimulai pada perubahan tata letak Sirkuit Catalunya, Barcelona yang dipersiapkan untuk gelaran MotoGP 2017 nanti.

Advertisements

Hal seperti ini sengaja dilakukan untuk dapat mengurangi angka kecelakaan yang sering kali terjadi di Sirkuit Catalunya. Berdasarkan catatannya, terdapat kecelakaan yang telah merenggut nyawa para pembalap Moto2 yaitu Luis Salom, kala itu melakoni sesi latihan beberapa waktu yang lalu ditempat itu.

Belakangan memang angka kecelakaan yang semakin meningkat terjadi di Sirkuit Catalunya menjadi pusat prihatin yang cukup serius bagi FIA dan FIM. Para pembalap yang termasuk dalam saatu kelompok dengan julukan SAG Racing Team tersebut mengalami cukup serius yang terjadi ketika menjalani sesi latihan bebas kedua, yang bertempat di Tikungan 12. Pembalap rider Moto2 ini meninggal dengan keadaan mengenaskan, ia tergelincir di tikungan terakhir, kecelakan ini terjadi pada bulan Juni kemarin.

Advertisements

Diketahui bahwa pembalap Salom ini merupakan pembalap pembela dari SAG Racing Team, nyawa pembalap handal ini tidak bisa diselatkan lagi pasca kecelakaan tersebut. Ia harus menghembuskan napas terakhirnya di usia muda yaitu 24 tahun. Karena hal itulah akhirnya, pihak yang menyelenggarakan ajang tersebut sepakat untuk meneruskan pekan balap dengan memakai layout Formula 1 (warna putih).

Dalam waktu beberapa bulan sering kali terjadi banyak perdebatan mengenai bagaimana perubahan tata letak yang terjadi antara bos FIA yaitu Charlie Whitung dan Franco Uncini yang merupakan orang pertama pemimpin FIM. Setelah melalui beberapa perdebatan cukup panjang, pada akhirnya kedua belah pihak ini setuju untuk mengambil keputusan melakukan modifikasi layout Sirkuit Catalunya. Kecelakaan tragis tersebut banyak menghasilkan kekhawatiran di berbagai kalangan yang akhirnya tumbuh kesepakatan untuk memodifikasi layout sirkuit tersebut.

Sebagaimana dikutip dari laman Motorsports pada Jumat, 16 Desember 2016 menyebutkan bahwa Sirkuit Catalunya akan melakukan perubahan dalam menyambut gelaran balap MotoGP yang digelar pada tahun 2017 mendatang. Rencananya, para pembalap ini akan melakukan balapan dengan memakai tata letak yang hampir sama dengan ajang balap Forlula 1, perbedaannya hanya terletak pada panjangnya yang dipotong 4665 lebih pendek tiga meter dari sebelumnya. Dimana sebelumnya yang digunakan semenjak F1 2004 lalu sampai saat ini menggunakan panjang trek 4727 meter.

Dengan begitu maka tata letak MotoGP akan memakai layout Tikungan 10 mirip dengan F1, mempunyai chicane baru yang terletak pada tikungan ke 13, rencananya pengerjaan untuk perubahan tersebut akan mulai diberlakukan pada bulan Januari 2017 mendatang.

Adanya perubahan seperti ini, makan area run-off yang ada pada tikungan 12 akan lebih ditingkatkan, tak hanya itu saja hal tersebut juga akan membuat para pejoki kuda besi ini tidak perlu memotong lintasan agar bisa masuk menuju pit lane.

Advertisements