Berita Hari Ini: Said Aqil Himbau Warga NU Tak Ikutan Aksi Demo 2 Desember

aqil

Berita Hari Ini Said Aqil Siradj yang disebut Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memohon pada seluruh warga NU dan beberapa santri yang ada di Banten buat tidak ikut dan dijalan ikuti demo kelanjutan yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 Desember 2016 mendatang terkait masalah penistaan agama yang dilaksanakan Ahok. Said Aqil memohon mereka biar tetap melakukan aktivitas sehari-harinya mereka tanpa ikut demo.

Advertisements

Hal tersebut di sampaikan oleh Said Aqil sewaktu selesai melaksanakan shalat istigosah bersama Kapolri dan warga Banten yang dilakukan di Masjid Al-Bantani yang ada di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) di Serang pada hari Jumat kemarin, 25 November 2016. Aqil menyampaikan orang-orang NU normal saja, lakukan aktivitas teratur seperti biasanya tanpa ada ikut-ikutan demo. Berdasarkan dia, ikuti demo cuma akan menggunakan waktu, tenaga, uang, pikiaran dan energi.

Ia menghimbau untuk seluruh masyarakat supaya bisa mempercayakan seluruh urusan hukum ini kepada penegak hukum yang ada di Indonesia, biarlah penegak hukum yang memproses bagaimana perkembangan kasus Ahok ini sampai selesai. Ia menambahkan bahwa umat Islam supaya bisa mengawal proses kasus tersebut dengan baik.

Advertisements

Akan tetapi, Said juga mengungkapkan apabila memang pada akhirnya harus terpaksa mengikuti demo 2 Desember di Jakarta itu, maka lakukanlah demo dengan damai dan jangan sampi ada saling menyakiti dan merusak fasilitas. Menurutnya, apabila ingin mengajak kebaikan tentunya harus menggunakan cara yang baik.

Sedangkan disisi lain, Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga mengungkapkan apabila saat ini pihaknya juga masih melakukan komunikasi dengan pihak yang berencana ingin melakukan unjuk rasa di Jakarta tersebut pada tanggal 2 Desember. Namun ia meminta kepada seluruh peserta aksi demo lanjutan itu agar bisa menggelar aksi di bunderan HI dan sekitarnya.

Menurut penjelasan yang diberikan Kapolri tentang tempat yang diminta untuk melakukan demo karena berdasarkan pada kajian hukum yang tidak dibernarkan. Menurut Pasal 6 dan Pasal 15 UU No 9 tahun 1998 tidak boleh mengusik ketertiban umum, tidak boleh mengusik hak asasi orang lain Dan itu dapat dibubarkan dengan pasal 15.

Said Aqil menggelar istigosah bersama yang diikuti oleh para ulama, kiai, santri dan Kapolir Jenderal Tito Karnavian, anggota TNI dan Polri serta warga masyarakat Banten yang berjumlah ribuan peserta istigosah tersebut. Dipanjatkan dzikir dan doa bersama yang dipimpin langsung oleh KH Arifin Ilham serta tausiyah kebangsaan yang dibawakan oleh Said Aqil dan Ustad Syarif Rahmat.

Sebelumnya, Ketua Umum Pengurus Besar NU itu juga meminta kepada pihak pemerintah agar membubarkan organisasi massa yang tidak jelas dan jauh dari empat pilar kebangsaan Indonesia. Namun sayang, ketika ditanyakan mengenai apa saja contoh ormas yang bertentangan dengan 4 pilar tersebut, Said Aqil tidak memberikan jawaban.

Advertisements