Berita Hari Ini: Debat Kandidat Pilkada DKI Jakarta Digelar 3x, Kapan Digelar??

debat-kandidat-pilkada-dki-jakarta-digelar-3-kali-kapan-digelar

Semakin mendekati pagelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 DKI Jakarta, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Sumarno, membeberkan bila debat kandidat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur akan digelar sekitar 3 kali kurun waktu kampanye. Dimana KPU DKI sendiri sudah memastikan jadwal debat kandidat Pilkada DKI 2017, yakni 13 Januari, 27 Januari dan 10 Februari 2017.

Advertisements

Lebih lanjut, Sumarno sendiri mengaku bila KPU DKI masih dalam system perumusan gagasan yang digunakan debat oleh sebagian kandidat dipilih. Dimana debat kandidat itu tidak hanya menarik, namun juga harus mempunyai nilai yang berkwalitas. Tidak hanya itu, ia juga mengharapkan agar debat yang digelar secara terbuka itu sanggup menjadi sumber informasi yang valid tentang visi, misi dan program yang dimiliki oleh ketiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur.

Sebelum informasi ini beredar, Basuki Tjahaja Purnama yang merupakan calon Gubernur DKI Jakarta bernomor urut dua mengaku bahwa ia sudah memiliki kesiapan untuk menghadapi debat para kandidat. Bahkan, pria yang kerap dikenal dengan nama Ahok tersebut akan memberikan program-program yang telah dilakukannya selama memimpin ibukota.

Advertisements

Gubernur DKI Jakarta non-aktif tersebut merasa lebih unggul ketimbang dua lawannya di pesta demokrasi tahun depan. Pasalnya, dua lawannya, baik pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni, maupun pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno hanya mengutarakan program yang baru akan dilaksanakan ketika debat kandidat nanti. Sedangkan Ahok sendiri akan mengungkapkan program-program yang telah dilaksanakannya.

Senada dengan Ahok, Anies Baswedan selaku calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3 juga mengaku telah sangat siap untuk acara debat kandidat Pilkada DKI 2017. Kendati demikian, dirinya mengaku bahwa ia tidak memiliki persiapan khusus menjelang digelarnya debat pertama pada bulan Desember mendatang. Namun ia merasa telah siap setiap waktu.

Lebih lanjut, calon Gubernur nomor urut 3 tersebut juga mengungkapkan bahwa debat merupakan hal yang tak dapat dipersiapkan dalam jangka waktu yang cukup singkat. Menurutnya, ajang depan merupakan hasil akumulasi dari perjalanan karir dan bakal tercermin ketika ia mengungkapkan ekspresinya dalam debat tersebut.

Tak hanya itu, Anies juga menambahkan, materi-materi teknis dalam debat dapat dipelajari, baik data maupun strategi. Ia mengaku bahwa dirinya baru akan belajar mateari terkait data Jakarta.

Advertisements