Bacaan Doa Niat Shalat Tarawih & Witir di Bulan PUASA Ramadhan

Sholat Tarawih dan Sholat Witir

Bulan Ramadhan sudah berada di depan mata yang menjadi sinyal bahwa peristiwa untuk berlomba menumbuhkan keimanan serta perbanyak pahala mau tiba. Seperti yang di ketahui kalau di bulan yang penuh rahmat serta ampunan ini semua umat muslim mau saling menunaikan ibadah kudu puasa Ramadhan. Diluar itu, salah satunya beribadah sunnah yang dijalankan saat bln. suci ini tiba yaitu Sholat Tarawih & Sholat Witir. Sholat tarawih yakni sholat sunnah di bln. Ramadhan yang dijalankan selesai melaksanakan Sholat Isya. Lalu dilanjutkan dengan sholat witir yang disebut sholat sunnah dengan jumlah rakaatnya ganjil.

Jumlah rakaat dalam sholat tarawih umumnya yaitu 20 yang ditangani dengan 2 rakaat langsung salam, sehingga ada 10 salam. Akan tetapi ada juga yang laksanakan sholat tarawih sejumlah 8 rakaat dengan setiap 2 rakaat langsung salam, oleh karena itu ada sejumlah 4 salam. Sesudah dikerjakannya sholat tarawih sejumlah 20 maupun 8 rakaat, lalu ditangani sholat witir yang umumnya sejumlah 3 rakaat. Sholat witir umum digerakkan baik secara langsung 3 rakaat ataupun dibagi menjadi 2 bagian, 2 rakaat dan 1 rakaat.

Sebelumnya mengerjakan beragam ibadah, alangkah sebaiknya buat mengatakan niat terlebih dahulu dengan sepenuh hati. Begitu pula sebelum mengerjakan sholat sunnah tarawih. Di bawah ini tersaji niat buat melaksanakan sholat sunnah tarawih di bulan Ramadhan :

Niat sebagai imam :

“Usholli sunnatat-taroowihi rok’ataini mustaqbilal qiblati imaaman lillahi ta’alaa” (Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka’at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta’alaa)
Niat sebagai makmum :

“Usholli sunnatat-taroowihi rok’ataini mustaqbilal qiblati ma’muman lillahi ta’alaa” (Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka’at menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta’alaa)

Niat sholat tarawih sendirian :

“Usholli sunnatat-taroowihi rok’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alaa” (Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka’at menghadap kiblat karena Allah Ta’alaa)

Sementara untuk niat sholat witir yang dilaksanakan setelah sholat tarawih adalah sebagai berikut ini :

Untuk 3 rakaat

Usholli sunnata witir tsalatsa mustaqbilalkiblati ma-muman lillahi ta’alaa” (Saya niat sholat witir tiga rakaat dengan menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta’alaa”

Untuk 2 rakaat

Usholli sunnata witir rak’ataini mustaqbilalkiblati ma-muman lillahi ta’alaa” (Saya niat sholat witir dua rakaat dengan menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta’alaa”

Untuk 1 rakaat

Usholli sunnata witir rak’atan mustaqbilalkiblati ma-muman lillahi ta’alaa” (saya niat sholat witir satu rakaat dengan menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta’alaa”